Senin, 31 Oktober 2011

Petunjuk Teknis Perkemahan Besar Pramuka Penegak dan Pandega se-Kota Pekanbaru tahun 2011

PETUNJUK TEKNIS
PERKEMAHAN BESAR PRAMUKA PENEGAK DAN PANDEGA
SE KOTA PEKANBARU TAHUN 2011

BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Gerakan Pramuka adalah gerakan pendidikan yang bertujuan untuk mendidik pemuda  Indonesia menjadi tenaga penggerak kader pembangunan di segala bidang, bermental tinggi, menjadi insan yang mempunyai moral dan budi pekerti yang luhur serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan menggunakan prinsip dasar metode Kepramukaan. Gerakan Pramuka memberi kesempatan kepada para Pramuka Penegak dan Pandega untuk membina diri menjadi kader pemimpin, baik di lingkungan Gerakan Pramuka maupun di luar lingkungan Gerakan Pramuka. Salah satu usaha untuk melaksanakan hal tersebut adalah dengan mengadakan suatu kegiatan yang berorientasi pada Karya bakti Pramuka bagi masyarakat. 
Kondisi Bangsa Indonesia yang sedang membangun tentu akan memerlukan perhatian semua pihak. Gerakan Pramuka membaca, ditengah kondisi seperti saat ini, sudah selayaknya kita memberikan kontribusi dalam porsi tersendiri demi membangun masyarakat. Gerakan Pramuka sebagai learning organization harus berdiri di depan agar menjadi contoh positif bagi seluruh elemen bangsa agar lebih sensitif dalam menyikapi persoalan masyarakat. Perkemahan Besar Pramuka Penegak dan Pandega se-Kota Pekanbaru Tahun 2011 adalah salah satu jawaban terhadap persoalan tersebut. Perkemahan Besar T/D adalah sebuah kegiatan Pramuka yang berbentuk perkemahan dengan sasaran pembentukan watak dan karakteristik anggota pramuka tersebut menjadi insan yang rela menolong dan tabah serta rajin trampil dan gembira.

Pelaksanaan  Perkemahan Besar T/D se-Kota Pekanbaru Tahun 2011 yang dilaksananakan oleh Kwartir Cabang 06 Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru, c.q Dewan Kerja Cabang 06 Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru agar menjadi motivasi bagi para anggota Pramuka Penegak dan Pandega se-Kota Pekanbaru supaya selalu mengabdi dan berbakti kepada Bangsa dan Negara dan juga kepada masyarakat, dan salah satu wujud dari itu maka Dewan Kerja Cabang 06 Kota Pekanbaru mengadakan kegiatan yang berorientasikan kepada pengabdian  masyarakat.

B.    DASAR PENYELENGARAAN
1.    Undang-undang Nomor : 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka 
2.    Keputusan Presiden No. 24 Tahun 2009 tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka
3.  SK Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor : 203 tahun 2009 tentang Anggaran Rumah  Tangga Gerakan Pramuka
4. Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 080 tahun 1988 tentang Pola Pembinaan   dan Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega.
5. Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 214 tahun 2007 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega.
6. Program kerja Kwartir Cabang 06 Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru c.q Dewan Kerja Cabang 06 Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru Masa Bakti 2010-2015

C.    MAKSUD
Penyelenggaraan Perkemahan Besar T/D se-Kota Pekanbaru Tahun 2011 dimaksudkan sebagai wadah pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam mengaktualisasikan dan mengekspresikan potensi-potensi individu maupun kelompok dalam meningkatkan kualitas menuju kemandirian Pramuka T/D bagi Masyarakat.

D.    TUJUAN UMUM
Tujuan umum Perkemahan Besar T/D se-Kota Pekanbaru Tahun 2011 adalah untuk membentuk karakter anggota Pramuka yang mempunyai jiwa kepemimpinan dan memiliki rasa tanggung jawab yang besar, meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kecakapan serta meningkatkan mental dan fisik yang lebih mantap untuk bekal bargaul dan mengintegrasikan diri dalam masyarakat.

E.    TUJUAN KHUSUS
Kegiatan Perkemahan Besar T/D se-Kota Pekanbaru Tahun 2011, mengarah pada tujuan Gerakan Pramuka melalui :
a.    Pembinaan Mental dan spiritual
b.    Aksi kepedulian terhadap masyarakat
c.    Persaudaraan dan kekerabatan
d.    Wawasan kebangsaan, kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi
e.    Peningkatan Ketrampilan

F.    RUANG LINGKUP
Sistematika Petunjuk Pelaksanaan meliputi :
1.    Pendahuluan
2.    Penyelenggaraan
3.    Organisasi Penyelenggaraan
4.    Kegiatan
5.    Perkemahan
6.    Administrasi
7.    Logistik
8.    Humas dan Komunikasi
9.    Pengawasan, Penelitian dan Evaluasi
10.  Penutup



BAB II
PENYELENGGARAAN

A.    NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini diberi nama Perkemahan Besar Pramuka Penegak dan Pandega se-Kota Pekanbaru Tahun 2011, selanjutnya disebut “Perkemahan Besar T/D se-Kota Pekanbaru Tahun 2011”

B.    WAKTU PELAKSANAAN
Adapun waktu pelaksanaan Kegiatan Perkemahan Besar T/D se-Kota Pekanbaru Tahun 2011 dilaksanakan selama 4 (Empat) hari, mulai dari tanggal 10 s.d 13 November 2011.

C.    TEMPAT
Kegiatan Perkemahan Besar T/D se-Kota Pekanbaru Tahun 2011 dilaksanakan di Bumi Perkemahan Hutan Lindung, jalan Budi Luhur (samping kantor Camat Tenayan Raya).

D.    TEMA
“Rela menolog dan tabah serta Rajin terampil dan gembira”

E.    MOTTO
“ Satyaku Kudharmakan, Dharmaku Kubaktikan “

F.    PESERTA
1.    Peserta
Peserta Perkemahan Besar T/D se-Kota Pekanbaru Tahun 2011  adalah Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang berasal dari SMA/SMK Sederajat dan Perguruan Tinggi di lingkungan Kota Pekanbaru yang dihimpun dalam kelompok terkecil disebut Umpi. 1 Umpi terdiri dari 8 orang.

2.    Persyaratan Peserta
a.    Umum
1)    Aktif di Gugusdepan
2)    Berusia 16-25 tahun
3)    Sehat jasmani dan rohani
4)    Sanggup mematuhi aturan dalam Perkemahan Besar T/D se-Kota Pekanbaru Tahun 2011

b.    Administrasi 
1)    Mengisi Formulir pendaftaran
2)    Mengisi Form Biodata
3)    Pas photo berpakaian pramuka ukuran 3 X 4 sebanyak 2 lembar
4)    Membawa surat mandat dari Gugusdepan
5)    Membawa surat keterangan sehat dari dokter
6)    Membayar camp fee sebesar Rp. 20.000,-/orang,


c.     Perlengkapan Pribadi
1.    Membawa perlengkapan kegiatan lapangan ( kantong tidur, matras, jaket, pakaian olahraga, pakaian lapangan, jas hujan dll)
2.    Membawa obat-obatan pribadi yang diperlukan

d.    Perlengkapan Umpi
1)    Membawa obat-obatan yang diperlukan
2)    Membawa alat tulis (buku catatan dan pulpen)

G.    PEMBINA PENDAMPING (BINDAM)
a.    Pembina Pendamping (Bindam)
Bindam Perkemahan Besar T/D se-Kota Pekanbaru Tahun 2011 adalah Pembina yang mendampingi dan mengawasi peserta selama kegiatan.
b.    Persyaratan bindam
1.    Mengisi Formulir Pendaftaran
2.    Mengisi Form Biodata
3.    Pas photo berpakaian pramuka ukuran 3 X 4 sebanyak 2 lembar
4.    Membawa surat mandat dari Gugusdepan
5.    Membayar camp fee sebesar Rp. 25.000,-/orang.

H.    FASILITAS YANG DIPEROLEH PESERTA DAN BINDAM
a.    Piagam Penghargaan
b.    Scraft Kegiatan
c.    ID Card
d.    Kartu Kontrol Kegiatan (peserta)
e.    Snack Kegiatan Penyuluhan
f.    Fasilitas Buper

I.    TAHAPAN-TAHAPAN PENYELENGGARAAN
1.    Tahap Pelaksanaan
a.    Pendaftaran Peserta
b.    Perkemahan
c.    Deville (Pembukaan)
d.    Kegiatan Hari Pertama
e.    Kegiatan Hari Kedua
f.    Kegiatan Hari Ketiga
g.    Kegiatan Hari Keempat
h.    Upacara Penutupan

2.    Tahap Evaluasi
a.    Pertemuan Evaluasi
b.    Penilaian Kegiatan
c.    Pembuatan Laporan
d.    Pembubaran Panitia


BAB III
PENYELENGGARAAN

A.    STRUKTUR

Struktur Organisasi Penyelenggara dan Pelaksana Perkemahan Besar T/D se-Kota Pekanbaru Tahun 2011 adalah sebagai berikut:
•    Panitia Pelaksana
Panitia Pelaksana kegiatan Perkemahan Besar T/D se-Kota Pekanbaru Tahun 2011 adalah Panitia Pelaksana yang kemudian disebut Sangga Kerja Perkemahan Besar T/D se-Kota Pekanbaru Tahun 2011  terdiri dari :
a.    Dewan Kerja Cabang 06 Kota Pekanbaru
b.    Pramuka Penegak dan Pandega yang ada di lingkungan kota Pekanbaru.
c.    Jumlah dan komposisi sangga kerja disesuaikan dengan kebutuhan.

B.    URAIAN TUGAS, WEWENANG DAN TANGGUNG JAWAB

Panitia Pelaksana (Sangga Kerja)
  1. Mengatur dan melaksanakan tugas kepanitian sesuai dengan Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis dari kegiatan Perkemahan Besar T/D se-Kota Pekanbaru Tahun 2011
  2. Melaksanakan tugas kepanitiaan dari tahap persiapan kegiatan meliputi perencanaan, penyusunan konsep kegiatan, penyusunan petunjuk teknis kegiatan, persiapan administrasi dan pelaksanaan kegiatan.
  3. Melakukan evaluasi pelaksanaan kegiatan Perkemahan Besar T/D se-Kota Pekanbaru Tahun 2011 pada seluruh unsur pelaksana dalam sangga kerja.
  4. Mempertanggungjawabkan segala sesuatu yang berkenaan dengan pelaksanaan kegiatan Perkemahan Besar T/D se-Kota Pekanbaru Tahun 2011.
BAB V
KEGIATAN

A.    UMUM

1.    Latar Belakang
Kegiatan yang dilaksanakan pada Perkemahan Besar T/D se-Kota Pekanbaru Tahun 2011 pada dasarnya merupakan alat bagi Gerakan Pramuka agar para Pramuka Penegak dan Pandega dapat meningkatkan sekaligus menyumbangkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dalam ikut serta membangun masyarakat sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Perkemahan Besar T/D se-Kota Pekanbaru Tahun 2011 juga dimaksudkan sebagai wadah pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam mengaktualisasikan dan mengekspresikan potensi-potensi individu maupun kelompok dalam meningkatkan kualitas menuju kemandirian. Kegiatan-kegiatan ini dilaksanakan dalam suasana riang gembira penuh rasa persaudaraan, persahabatan dan kekeluargaan, baik sesama Peserta maupun dengan masyarakat setempat sehingga terciptalah kehidupan yang majemuk dan saling membangun. 

2.    Sifat Kegiatan
a.    Edukatif
b.    Produktif
c.    Inovatif
d.    Kreatif
e.    Rekreatif

3.    Metode Kegiatan
a.    Diskusi
b.    Aksi
c.    Demonstrasi
d.    Simulasi
e.    Partisipasi
f.    Penugasan
g.    Pelatihan dan penyuluhan

4.    Strategi Kegiatan
a.    Aktifitas di dalam Perkemahan

5.    Persentasi Kegiatan
Secara kesuluruhan, kegiatan Perkemahan Besar T/D se-Kota Pekanbaru Tahun 2011 dibagi dalam beberapa aspek, antara lain :
a.    Kegiatan umum dan persaudaraan               : 20 %
b.    Kegiatan pengetahuan dan penyuluhan    : 30 %
c.    Kegiatan prestasi                                            : 50 %

B.    JENIS KEGIATAN
Jenis-jenis kegiatan pada Perkemahan Besar T/D se-Kota Pekanbaru Tahun 2011 merupakan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan semangat dan jiwa gotong royong baik antar sesama anggota Gerakan Pramuka. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, para Peserta mendapat wawasan baru, pengetahuan dan pengalaman baru, dapat meningkatkan rasa cinta terhadap alam sesuai Tri Satya dan Dasa Darma.

Jenis-jenis Kegiatan dalam Perkemahan Besar T/D se-Kota Pekanbaru Tahun 2011, antara lain :
1.    Kegiatan Umum & Persaudaraan                       (A)
a.    Upacara Pembukaan                                              (A1)
b.    Upacara Penutupan                                               (A2)
c.    Upacara Kenaikan Bendera                                  (A3)
d.    Upacara Penurunan Bendera                               (A4)
e.    Ibadah Keagamaan                                               (A5)
f.    Olahraga                                                                  (A6)
g.    Corve                                                                      (A7)
h.    Upacara Api Unggun                                          (A8)
i.    Malam Kesenian                                                    (A9)

2. Kegiatan Pengetahuan dan Penyuluhan             ( B )
a.    Penyuluhan Anti Narkoba dan HIV Aids         (B1)
b.    Pengetahuan SKU dan SKK                               (B2)
c.    Pengetahuan ADGP                                             (B3)
d.    Pengetahuan UUGP                                             (B4)
e.    Pengetahuan Satuan Karya                                (B5)
1. Saka Wirakartika                                                     (B51)
2. Saka Bhayangkara                                                  (B52)
3. Saka Bakti Husada                                                 (B53)
f.    Pengetahuan Pemadam Kebakaran                    (B6)
g.    Pengetahuan Pembuatan Lampu Lampion       (B7)

4.    Kegiatan Prestasi                                                (C )
a.    Lomba Administrasi peserta                               (C1)
b.    Lomba Cerdas Tangkas                                       (C2)
c.    Lomba Pentas Seni                                               (C3)
d.    Lomba NUK                                                          (C4)
e.    Lomba masakan Khas                                          (C5)
f.    Lomba Shalat Jenazah                                          (C6)
g.    Lomba Variasi Formasi                                         (C7)
h.    Lomba Kerapian Tenda                                        (C8)

5.    Outbond (D)

C.    GAMBARAN PELAKSANAAN KEGIATAN PER UMPI ( ROTASI KEGIATAN)
   


D.    PENJABARAN KEGIATAN PERKEMAHAN BESAR T/D TAHUN 2011
1.     Kegiatan Umum & Persaudaraan (A)
A
Upacara Pembukaan
Hari,Tgl           
Pukul               
Peserta
Mekanisme



:
:
:
:



Kamis , 10 November 2011
10.00 – 12.00 WIB
7 Orang/umpi
1.      Peserta berkumpul di lapangan utama.
2.      Peserta yang menggunakan seragam pramuka lengkap  7 orang / umpi

B
Upacara Penutupan (A2)
Hari,Tgl           
Pukul               
Peserta
Mekanisme


:
:
:
:



Minggu, 13 November 2011
09.00 – 10.00 WIB
7 Orang/umpi
1.      Peserta berkumpul di lapangan utama.
2.      Peserta yang menggunakan seragam pramuka lengkap  7 orang / umpi
c
Upacara kenaikan bendera (A3)
Hari,Tgl           
Pukul               
Jumlah peserta
Mekanisme

:
:
:
:


Jum’at- Sabtu, 11-12 November 2011
 07.30 – 08.00 WIB
3 Orang/umpi
1.      Peserta berkumpul di masing – masing kelurahan
2.      Peserta menggunakan seragam pramuka lengkap
d
Upacara penurunan bendera (A4)
Hari,Tgl           
Pukul               
Peserta
Mekanisme



:
:
:
:



Jum’at- Sabtu, 11-12 November 2011
 17.00 – 17.30 WIB
3 Orang/umpi
1.      Peserta berkumpul di masing – masing kelurahan
2.      Peserta menggunakan seragam pramuka lengkap

e
Ibadah keagamaan (A5)
Hari,Tgl           
Pukul               
Peserta
Mekanisme


:
:
:
:



Ibadah berjama’ah Sholat  Shubuh dan Magrib
04.30 – 05.30 WIB dan 18.00 – 20.00 WIB
Semua Peserta yang beragama Islam
1.      Peserta langsung berkumpul di tempat sholat yang telah disediakan.
2.      Setelah selesai sholat mendengarkan kultum
f
Olahraga (A6)
Hari,Tgl           
Pukul               
Peserta
Mekanisme



:
:
:
:


Jum’at - Minggu, 11-13 November 2011
05.30 – 06.30 WIB
7 Orang/umpi
1.      Peserta berkumpul di masing – masing kelurahan
2.      Peserta yang menggunakan seragam Olahraga
g
Corve (A7)
Hari,Tgl           
Pukul               

Peserta
Mekanisme


:
:

:
:


Kamis - Minggu, 10-13 November 2011
06.00-12.00WIB(Pagi), 12.00–18.00WIB(Siang),
18.00-24.00WIB(Malam)
1 Orang/umpi
·         Peserta bertanggung jawab menjaga keamanan tenda, konsumsi umpi, dan kebersihan tenda
h
Upacara Api Unggun (A8)
Hari,Tgl           
Pukul               
Peserta
Mekanisme


:
:
:
:



Sabtu, 12 November 2011
 20.00 – 22.30 WIB
6 Orang/umpi
1.      Peserta yang menggunakan seragam pramuka lengkap
2.      Peserta berkumpul di masing – masing kelurahan
3.      Kemudian bergerak ke lapangan utama untuk mengikuti upacara api unggun
I
Malam Kesenian (A9)
Hari,Tgl           
Pukul               
Peserta
Mekanisme


:
:
:
:



Jum’at - Sabtu, 11-12 November 2011
 20.00 – 22.30 WIB
6 Orang/umpi
1.      Peserta yang menggunakan seragam pramuka lengkap
2.      Peserta berkumpul di masing – masing kelurahan
3.      Kemudian menuju Panggung Utama
4.      Peserta mengikuti malam kesenian sampai penampilan terakhir.
5.      Peserta membawa Kartu control kegiatan


   
2.   Kegiatan Pengetahuan dan Penyuluhan ( B )
a
Penyuluhan Anti Narkoba dan HIV AIDS (B1)






Penyuluhan ini membahas tentang apa itu HIV/AIDS, bagaimana cara penanggulangannya dan hal-hal yang berkenaan dengan HIV/AIDS.


Hari,Tgl           
Pukul               
Peserta
Mekanisme


:
:
:
:


Jum’at-Sabtu, 11-12 November 2011
 14.00 – 15.00 WIB
3  Orang/umpi
1.      Peserta berkumpul di kelurahan
2.      Peserta menggunakan seragam pramuka lengkap
3.      Peserta membawa Kartu control kegiatan
4.      Peserta membawa alat tulis



b
Pengetahuan SKU dan SKK (B2)




Menjelaskan tentang SKU dan SKK golongan penegak dan pandega.

Hari,Tgl           
Pukul               
Peserta
Mekanisme

:
:
:
:


Kamis, 10 November 2011
13.30 – 15.30 WIB                  
3 Orang / Umpi
1.      Peserta berkumpul di kelurahan
2.      Peserta menggunakan seragam pramuka lengkap
3.      Peserta membawa Kartu control kegiatan
4.      Peserta membawa alat tulis dan buku SKU sesuai golongan.

c
Pengetahuan ADGP (B3)


Membahas tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka.

Hari,Tgl           
Pukul               
Peserta
Mekanisme

:
:
:
:

Kamis, 10 November 2011
13.30-15.30 WIB
2 orang/ Umpi
1.      Peserta berkumpul di kelurahan
2.      Peserta menggunakan seragam pramuka lengkap
3.      Peserta membawa Kartu control kegiatan
4.      Peserta membawa alat tulis

d
Pengetahuan UUGP (B4)


Membahas tentang Undang-undang Dasar Gerakan Pramuka.

Hari,Tgl           
Pukul               
Peserta
Mekanisme

:
:
:
:


Kamis, 10 November 2011
13.30-15.30 WIB
2 Orang / Umpi
1.      Peserta berkumpul di kelurahan
2.      Peserta menggunakan seragam pramuka lengkap
3.      Peserta membawa Kartu control kegiatan
4.      Peserta membawa alat tulis
e
Pengenalan
Satuan Karya (B5)




Memberikan penjelasan tentang 3 Satuan karya, yakni Saka Bakti Husada, Saka Wirakartika dan Saka Bhayangkara

Hari,Tgl           
Pukul               
Peserta
Mekanisme

:
:
:
:


Jum’at, 11 November 2011
08.00-11.00 Wib
2 orang/ Umpi
1.      Peserta berkumpul di kelurahan
2.      Peserta menggunakan seragam pramuka lengkap
3.      Peserta membawa Kartu control kegiatan
4.      Peserta membawa alat tulis



f
Simulasi Pemadam Kebakaran (B6)




Memberikan penjelasan tentang cara mengatasi kebakaran sekaligus dengan simulasinya.

Hari,Tgl           
Pukul               
Peserta
Mekanisme

:
:
:
:


Sabtu, 12 November 2011
08.00 – 09.30 WIB
2 Orang / Umpi
1.      Peserta berkumpul di kelurahan
2.      Peserta menggunakan seragam pramuka lengkap
3.      Peserta membawa Kartu control kegiatan
4.      Peserta membawa alat tulis

g.         Pengetahuan Pembuatan Lampu Lampion
Memberikan pengetahuan cara pembuatan lampu lampion dan kegunaannya.
Hari,Tgl           
Pukul               
Peserta
Mekanisme

:
:
:
:


Sabtu, 12 November 2011
14.00 – 15.00 WIB
3 Orang / Umpi
1.      Peserta berkumpul di kelurahan
2.      Peserta menggunakan seragam pramuka lengkap
3.      Peserta membawa Kartu control kegiatan
4.      Peserta membawa perlengkapan sebagai berikut :
·      botol pocari sweat  1buah ukuran 500 ml
·      penggaris 30 cm 1 buah
·      pisat cutter 1 buah

1.   Kegiatan Prestasi (C )
a
Lomba Administrasi Peserta (C1)
lomba dimana peserta dapat melampirkan administrasi yang telah dilampirkan pada surat edaran kegiatan dan akan di nilai sesuai dengan kriteria penilaian.
Peserta
Mekanisme







Kriteria Penilaian


:
:







:


Kerani ambalan atau Sekretaris Racana
1.      Administrasi  yang dilombakan adalah administrasi peserta kegiatan Perkemahan Besar T/D, mulai dari surat mandat, formulir pendaftaran, biodata peserta dan bindam
2.      Administrasi diserahkan pada saat registrasi ulang kepada sekretariat.

1.      Kelengkapan administrai
2.      Kebenaran adminstrasi
3.      Kerapian administrasi
b
Lomba Cerdas Tangkas  (C2)




Lomba Cerdas Tangkas merupakan perlombaan yang menuntut ketangkasan peserta dalam menjawab soal. Ruang lingkup soal adalah Undang-undang Gerakan Pramuka nomor 24 tahun 2009, Pola dan mekanisme pembinaan pramuka penegak dan pandega nomor 080 tahun 1988, PP Gugusdepan Gerakan Pramuka nomor 231 tahun 2007 dan Tekhnik Kepramukaan (praktek)
Hari,Tgl           
Pukul               
Peserta
Mekanisme





Kriteria Penilaian

:
:
:

:




:
Kamis-Sabtu, 10-13 November 2011
WIB
3 Orang/ pangkalan ( tidak sesuai dengan rotasi kegiatan)
Peserta menggunakan seragam pramuka lengkap
1.      Peserta membawa Kartu control kegiatan
2.      Peserta berkumpul di tempat yang telah disediakan.

1.      Ketepatan
2.      Etika

c
Lomba Pentas Seni (C3)


Lomba pentas seni adalah perlombaan yang menampilkan bakat dan kreativitas pramuka T/D se Kota Pekanbaru. Perlombaan yang ditampilkan dalam bentuk drama.
Hari,Tgl           
Pukul               
Peserta
Tema


Mekanisme








 
Kriteria Penilaian

:
:
:
:


:









:
Jum’at - Sabtu, 11-12 November 2011
20.00-22.30 WIB
Utusan per pangkalan
Setiap pangkalan menampilkan pentas seni yang bertemakan “ Hari Pahlawan”

1.      Peserta melakukan penampilan maksimal 10 Menit
2.      Pentas seni yang ditampilkan memiliki unsur kebudayaan dan pesan yang akan disampaikan
3.      Menggunakan kostum yang tidak mengumbar aurat
4.      Penampilan berdasarkan nomor undian
5.      Peserta membawa Kartu control kegiatan

1.      Kekompakan
2.      Kesesuain dengan tema
3.      Ekspresi
4.      Kostum
5.      Pengusaan Panggung
6.      Pesan yang disampaikan
7.      Kreatifitas

d
Lomba NUK (C4)


Lomba Naskah Usulan Kegiatan adalah perlombaan bagaimana cara membuat Naskah Usulan Kegiatan yang baik dan benar.
Hari,Tgl           
Pukul               
Peserta
Mekanisme






Kriteria Penilaian
:
:
:
:






:
Jum’at, 11 November 2011
14.00 – 15.00 WIB
1 Orang/Umpi
1.      Peserta berkumpul dikelurahan
2.      Peserta menggunakan seragam pramuka
3.      Peserta membawa alat tulis
4.      Peserta  diberi waktu maksimal 60 Menit
5.      Peserta membawa Kartu control kegiatan


1.      Penulisan
2.      Isi

e
Lomba Masakan Khas (C5)
Lomba Masakan Khas adalah Perlombaan masakan khas nusantara yang bertujuan untuk mengetahui berbagai masakan khas yang ada di nusantara.

Hari,Tgl           
Pukul               
Peserta
Mekanisme











 
Kriteria Penilaian

:
:
:
:












:

Jum’at, 11 November 2011
14.00 – 15.00 WIB
3 Orang/Umpi
1.      Peserta berkumpul dikelurahan
2.      Peserta menggunakan seragam pramuka lengkap
3.      Peserta membawa Kartu control kegiatan
4.      Peserta membawa perlengkapan masing – masing
5.      Waktu pelaksanaan 60 menit
6.      Peserta membuat resume masakan yang dilombakan.
7.      Peserta membuat 1 macam masakan sesuai dengan keahlian.


1.      Penyajian
2.      Rasa
3.      Kekompakan

f
Lomba Variasi Formasi(C6)
Lomba variasi formasi adalah perlombaan yang menampilkan Peraturan Baris Berbaris variasi dengan menggunakan stok .

      Hari,Tgl           
      Pukul               
      Peserta
      Mekanisme






Kriteria Penilaian
:
:
:
:






:
Sabtu, 12 November 2011
09.30 – 12.00 WIB
9 Orang/Pangkalan
1.      Peserta berkumpul dikelurahan
2.      Peserta menggunakan seragam pramuka lengkap
3.      Peserta membawa Kartu control kegiatan
4.      Waktu pelaksanaan 10 menit/pangkalan

1.       Ketepatan PBB
2.      Seni variasi
3.      Kekompakan
4.      Tingkat kesulitan
5.      Kerapian





f
Lomba Shalat Jenazah (C6)
Lomba shalat jenazah adalah lomba dimana peserta melakukan praktek shalat jenazah sesuai dengan ajaran islam.
Hari,Tgl           
Pukul               
Peserta
Mekanisme






 Penilaian
:
:
:
:






:
Sabtu, 12 November 2011
08.0009.30 WIB
5 Orang/Umpi
1.      Peserta berkumpul dikelurahan
2.      Peserta menggunakan seragam pramuka lengkap
3.      Peserta membawa Kartu control kegiatan
4.      Peserta membawa perlengkapan shalat
5.      Waktu pelaksanaan 5 menit/umpi

1.       Kefasihan bacaan
2.      Adab shalat
3.      Tertib shalat







3.     Outbond (D)

Outbond (D)

Hari, tgl
Pukul
Peserta
Mekanisme


:
:
:
:


Jum’at, 11 November 2011
15.30 –  17.30 WIB
Sesusai  Schedule kegiatan
1.      Peserta menggunakan seragam Lapangan dan Scarft Kegiatan
2.      Peserta berkumpul dikelurahan
3.      Membawa Kartu control kegiatan


BAB VI
PERKEMAHAN

C.   KEHIDUPAN PERKEMAHAN
Tatanan pemerintahan sebagai landasan kehidupan Peserta Perkemahan Besar T/D 2011 diperlukan untuk menciptakan kehidupan yang harmonis selama pelaksanaan Perkemahan Besar T/D 2011. Tata kehidupan perkemahan dituangkan dalam satu sistem pemerintahan seperti layaknya kehidupan masyarakat di Riau. Warga Perkemahan Besar T/D 2011 diibaratkan penduduk yang seluruh pola kehidupanya disesuaikan dengan aspirasi warganya. dikelola oleh Lurah perkemahan dibantu oleh para aparat pemerintahan mulai tingkat kelurahan hingga ke tingkat RT serta berkoordinasi dengan Panitia pelaksana.

B. AREAL PERKEMAHAN
1.       Warga Perkemahan Besar T/D  2011 menempati areal perkemahan putra dan areal perkemahan putri.
2.       Untuk menunjang aktivitas dalam pelaksanaan tugas-tugasnya selama kegiatan berlangsung, Pembina Pendamping bertempat tinggal di wilayah perkemahan bersama dengan peserta didiknya untuk mengawasi kegiatan.

C.  PEMUKIMAN PESERTA
1.      Kecamatan
a.  Kecamatan dipimpin oleh seorang camat dibantu oleh seorang sekretaris camat dan beberapa orang staf kecamatan.
b.  kecamatan membawahi 2 (dua) Kelurahan.
    
  1. Kelurahan
a.  Kelurahan dipimpin oleh seorang Lurah dibantu oleh seorang sekretaris dan beberapa staf.
b.  Kelurahan Raja Ali Haji dibagi menjadi 3 (tiga) Rukun Warga, yaitu:
1) RW I               : Hang Tuah
2) RW II              : Hang Nadim
3) RW III             : Hang Jebat

c.  Kelurahan R.A Kartini di bagi menjadi 3 (tiga) Rukun Warga, Yaitu:
1) RW I               : Putri kaca Mayang
2) RW II              : Dang merdu
3) RW III             : Sri Serindit

3.  Rukun Warga (RW)
a.  RW dipimpin oleh seorang ketua RW
b.  Masing-masing Rukun Warga terdiri dari 2-3 Rukun Tetangga (RT).



4.  Rukun Tetangga (RT)
a.  RT dipimpin oleh seorang Ketua RT yang dipilih diantara masing-masing  pemimpin umpi dalam satu RT
b.  Masing-masing RT membawahi 3-4 umpi
5.  Umpi
a.  Umpi dipimpin oleh seorang Ketua Umpi
b.  Umpi adalah satuan terkecil peserta Perkemahan Besar T/D 2011 yang terdiri dari 8 orang Pramuka Penegak dan Pandega, terpisah antara putra dan putri.

D. TATA TERTIB PERKEMAHAN
1.  Tata Adat
a.  Umum
Adat Perkemahan Besar T/D 2011 adalah norma–norma yang pelaksanaannya dikembangkan atas dasar kode kehormatan Pramuka Penegak dan Pandega. Aturan ini wajib dijunjung tinggi oleh segenap warga perkemahan.

b.  Dewan Adat
a) Dewan Adat Agung merupakan lembaga adat yang berkedudukan di tingkat Kecamatan yang dipimpin oleh camat, beranggotakan Pemangku Adat Dewan Adat Tinggi.
b) Dewan Adat Tinggi merupakan lembaga adat yang berkedudukan di tingkat Kelurahan, yang dipimpin oleh Pemangku Adat yang dijabat oleh pak lurah/buk lurah yang dipilih dalam pertemuan Dewan Adat Tinggi yang difasilitasi oleh camat yang bersangkutan.
c)  Dewan Adat adalah pelaksana pengawas ketentuan Adat perkemahan.
d) Dalam melaksanakan tugas pengawasan pelaksanaan ketentuan adat perkemahan, dewan adat membentuk dan membagi tugas melalui musyawarah Dewan Adat.

2.  Perangkat dan Pelaksanaan Adat Perkemahan
a.  Umum
1) Perkemahan Besar T/D 2011 adalah Perkemahan bagi Pramuka Penegak dan Pandega se-Kota Pekanbaru untuk mengaktualisasikan segala bentuk keterampilan dan kemampuan yang dimiliki anggota Pramuka Penegak dan Pandega bagi masyarakat umum, yang norma – norma pelaksanaannya dikembangkan atas dasar ketentuan moral dan janji Pramuka.
2) Berdasarkan latar belakang budaya yang berbeda, maka dibuatlah norma – norma yang akan menjiwai tata aturan kehidupan keseharian dan aturan lain yang diperlukan dalam penyelenggaraan Perkemahan Besar T/D 2011.
Aturan ini bersifat mengikat dan wajib dijunjung tinggi serta ditaati oleh segenap warga perkemahan. Aturan ini dalam bentuk tertulis dan tidak tertulis.
1)     Dari fungsi diatas maka ketentuan tersebut akan diundangkan sebagai tata tertib perkemahan yang keberadaannya ditangani oleh Dewan Adat yang bersifat kolegial yang para anggotanya disebut Pemangku Adat.

b.  Perangkat dan Pelaksanaan Adat Perkemahan
1) Dewan Adat
a) Dewan Adat adalah tempat berkumpulnya Pemangku Adat selaku penyelenggara dan pengawas pelaksanaan ketentuan adat perkemahan.
b) Dewan Adat bertanggung jawab atas kelancaran dan ketertiban pelaksanaan Perkemahan Besar T/D 2011 secara umum serta menyelesaikan masalah kehormatan  perorangan/kontingen Peserta yang tidak dapat diselesaikan oleh Seksi  Keamanan.
c)  Dewan Adat memiliki tugas dan wewenang memutuskan sanksi dari berbagai jenis pelanggaran yang dilakukan oleh warga perkemahan selama mengikuti Perkemahan Besar T/D 2011.
d) Dalam melaksanakan tugasnya Dewan Adat dibantu oleh unsur petugas keamanan dan unsur aparat pemerintahan.
2) Dewan Adat adalah pelaksana pengawas ketentuan/tata tertib perkemahan, terdiri atas anggota DKC yang ditunjuk dan pimpinan Sangga Kerja Perkemahan Besar T/D 2011 2011.
3) Dewan kehormatan terdiri dari pimpinan Panitia penyelenggara, penanggung jawab, pimpinan Sangga Kerja, Perkemahan Besar T/D 2011.
4) Penyelesaian suatu masalah diselesaikan dalam sidang Dewan Adat Tinggi di tingkat Kelurahan yang dilaksanakan secara terbatas dan hanya dihadiri oleh Pemangku Adat tinggi dan warga perkemahan yang tersangkut.
5) Dewan Adat Agung ditingkat Kecamatan dipimpin oleh unsur pimpinan  Dewan Kerja Cabang 06 Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru, melaksanakan sidangnya bila permasalahan yang timbul menyangkut hajat hidup warga perkemahan secara umum atau menyelesaikan permasalahan pelik yang tidak dapat diselesaikan oleh Dewan Adat Tinggi.
6) Permasalahan Adat Perkemahan pada Perkemahan Besar T/D 2011 dikelompokan menjadi 3 (tiga) jenis permasalahan, yaitu :
a) Permasalahan warga perkemahan (Peserta dengan Peserta, Peserta dengan aparat perkemahan/Sangga Kerja);
b) Permasalahan penduduk dengan aparat perkemahan/Sangga Kerja;
c)  Permasalahan Peserta/Sangga Kerja dengan penduduk.
7) Penyelesaian permasalahan/perkara adat perkemahan dilakukan secara bertahap, yaitu: penyelesaian di tingkat RW, apabila tidak dapat diselesaikan di tingkat RW maka dibawa ke tingkat Kelurahan, kemudian pada tingkat Kelurahan, selanjutnya sampai pada tingkat kecamatan.






c.  Sanksi Adat
1) Sanksi terhadap pelanggaran ketentuan adat perkemahan dijatuhkan melalui sidang Dewan Adat yang dihadiri oleh pemangku adat ditingkatnya dan dapat dinyatakan terbuka atau tertutup oleh pimpinan sidang adat.
2) Sanksi yang dijatuhkan harus memperhatikan aspek pendidikan dan kebudayaan.
3) Bentuk sanksi dapat berupa peringatan, pembatalan pemberian tanda ikut serta kegiatan dan pengusiran dari arena Perkemahan Besar T/D 2011.
4) Pimpinan Sidang Dewan Adat berkewajiban meminta saran pertimbangan dari Dewan Kehormatan sebelum menyatakan sanksinya.


BAB VIII
LOGISTIK

A.   PERLENGKAPAN
Untuk mendukung pelaksanaan Perkemahan Besar T/D 2011 diupayakan menyediakan kebutuhan-kebutuhan yang berhubungan dengan logistik, antara lain :
1.  Fasilitas Tempat dan Ruangan
a.    Areal perkemahan.
b.    Tenda Sekretariat Panitia pelaksana dan pusat informasi kegiatan.
c.     Lapangan utama dan tribun upacara
d.    Panggung utama
e.    Tenda Sekretariat aparat pemerintahan 2 unit (kelurahan Putra dan kelurahan Putri)
f.      Tenda Sekretariat kegiatan
g.    Lapangan parkir
h.    Posko-posko layanan kesehatan dan keamanan.
i.      MCK
j.      Pasar mini, bazar dan kantin.
2.  Fasilitas Pelayanan
a.  Kesehatan dan sanitasi lingkungan
b.  Listrik dan air bersih
c.  Pusat informasi
d.  Transportasi kegiatan
e.  Konsumsi
f.   Keamanan dan ketertiban
3.  Metode Pengadaan
a.  Peminjaman
b.  Penyewaan
c.  Pembelian
d.  Kerjasama/Kemitraan berdasarkan Tim Usaha Dana.

B. KONSUMSI
1.    Peserta dan Bindamping, menyediakan sendiri bahan-bahan konsumsi selama kegiatan Perkemahan Besar T/D 2011.
2.    petugas keamanan dan kesehatan serta Panitia disediakan makanan siap santap dengan menu yang disusun oleh Panitia Pelaksana.

C.  PASAR RAKYAT
a.  Peserta
1) Pasar rakyat akan diisi oleh badan usaha, pihak-pihak swasta dan perorangan yang berminat.
2) Setiap stand dapat mendapatkan izin pemakaian tempat melalui Panitia Penyelenggara.
b.  Gambaran Umum
1)  Pasar rakyat akan diperuntukkan sebagai tempat sentral jual beli di arena bumi perkemahan.
2)  Setiap Peserta Pasar Rakyat harus mendaftar ulang dan mengisi biodata keikutsertaan yang disediakan oleh Panitia.
3)  Adapun jenis barang yang diperjual belikan di pasar rakyat adalah barang kebutuhan sehari-hari, aneka jajanan makanan dan minuman dan juga barang-barang selain makanan dan minuman.
4)  Setiap Peserta Pasar Rakyat akan mendaftar dan mengisi biodata keikutsertaan yang disediakan oleh Panitia.
5)  Setiap Peserta pasar rakyat dikenakan fee tempat sebesar Rp. 300.000,-


BAB IX
HUMAS DAN KOMUNIKASI

A.   HUMAS
Segala bentuk informasi yang disampaikan kepada beneficeries akan disampaikan dalam :
a.    Alat publikasi
Segala informasi sederhana mengenai tempat, waktu dan pesan pelaksanaan kegiatan yang akan didapat oleh Peserta dan masyarakat, dalam bentuk sarana publikasi cetak, dimana publikasi informasi ini akan diberikan secara berkala mulai dari pra, saat dan pasca kegiatan dan disebarkan di lokasi-lokasi yang telah di tentukan.
1)       Spanduk
2)       Baliho
3)       Brosur 
4)       Poster
5)       Umbul-umbul/ Bendera
6)       Lain-lain


b.  Publikasi media
Memberikan publikasi berupa informasi kepada media massa tentang pelaksanaan Perkemahan Besar T/D 2011 di Buper Pusdiklatda melalui Pusat Informasi.

B.   KOMUNIKASI
Untuk kelancaran penyampaian informasi maka dibutuhkan sebuah jaringan sistem komunikasi  yang baik maka dibagi perencanaan dalam :
1.    Komunikasi internal
Untuk menunjang komunikasi di tubuh Panitia dalam pelaksanaan kegiatan Perkemahan Besar T/D 2011 ini, komunikasi internal akan dibangun meliputi:
a.  Rapat – rapat Koordinasi
1) Panitia dengan Peserta
2) Panitia dengan Pembina Pendamping
3) Panitia dengan tim kesehatan dan keamanan
4) Panitia dengan Panitia
b.  Dukungan komunikasi
1)  Pengeras suara
2)  Cell phone + voucher
c.  Forum – forum pertemuan
2.  Komunikasi eksternal
Untuk memastikan tidak adanya kesimpangsiuran informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat atau media yang konsen terhadap kegiatan Perkemahan Besar T/D 2011 diperlukannya Komunikasi external yang berupa Information center.

BAB X
PENGAWASAN, PENELITIAN DAN EVALUASI

A.   UMUM
Untuk kelancaran tugas dan kegiatan yang dilaksanakan, maka Panitia pelaksana membentuk tim pengawasan, penelitian dan evaluasi yang disingkat dengan WASLITEV yang termasuk dalam Panitia penyelenggara dijadikan sebagai salah satu lembaga yang bersifat independen dan bertanggung jawab kepada ketua Panitia penyelenggara Perkemahan Besar T/D 2011. Keanggotaan tim Waslitev terdiri atas Ketua DKC 06 Kota Pekanbaru dan Anggota Pramuka Pandega yang ditunjuk untuk menjadi Tim Waslitev.

Tim Waslitev Perkemahan Besar T/D 2011 bertugas melakukan pengawasan penelitian dan evaluasi mengenai hal-hal:
1.  Kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan Perkemahan Besar T/D 2011.
2.  Kekurangan, hambatan, kesulitan dan tantangan dalam pelaksaannya, untuk kepentingan pengembangan dan perbaikan pada kegiatan kegiatan mendatang.
3.  Disiplin dan aktivitas, baik Peserta maupun Panitia pelaksana.


B.   LAIN-LAIN
Ketentuan lain-lain mengenai Tim Pengawasan Penelitian dan Evaluasi ditetapkan kemudian.

BAB XI
PENUTUP

Demikianlah Draft Petunjuk  Teknis Perkemahan Besar T/D 2011  ini dibuat sebagai pedoman umum dalam menentukan kebijakan-kebijakan selanjutnya. Sewaktu-waktu petunjuk pelaksanaan dan teknis ini dapat berubah sesuai kondisi (kondisional). Semoga dapat bermanfaat dan memenuhi sasaran yang diharapkan. Keberhasilan kegiatan tersebut adalah tanggung jawab kita bersama yang menginginkan kemajuan generasi muda, khususnya anggota Gerakan Pramuka.

Pekanbaru , 29 Oktober 2011
Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega
Kwartir Cabang 06 Kota Pekanbaru
Ketua,
dto
Reni Indri Yenti





2 komentar:

  1. mudah-mudahan ini bemanfaat, amien..

    BalasHapus
  2. mantabb
    salan pramuka dari DKC SERIBUH KUBAH 0410 rohil

    BalasHapus